Minggu , 14 Februari 2016

Joe Surya: Jangan Remehkan Pendatang Baru


Hobinya memang bekerja. Sabtu dan Minggu ketika kebanyakan orang lain menghabiskan waktu bersama keluarga, Joe Surya memilih untuk tetap bekerja. Anak-anak yang suka mendatangi saya ke kantor, ujar Presiden Direktur PT. Nusantara Group itu. 

Kerja keras baginya adalah obat. Kerja keras baginya adalah kesenangan tersendiri, sampai akhirnya mencapai sesuatu yang dinamakan kesuksesan. Terbukti saat ini, perusahaan yang dipimpinnya telah menjadi salah satu raksasa dalam industri otomotif di Indonesia. 

Nusantara Group dipercaya memegang dealership 12 brand otomotif besar, baik roda empat dan roda dua. Sebut saja Mazda, Daihatsu, Ford, Mitsubishi, sampai dengan brand premium seperti Mini, dan BMW pun dipegangnya. Kalau dilihat, memang sepertinya sekarang hidup Joe sangat nyaman. Hanya saja semua itu dimulai dengan usaha yang tidak mudah.

Sejak kecil, pria kelahiran Banjarmasin tersebut sudah mendapat tempaan hidup. Orang tuanya yang ketika itu adalah importir mobil di Kalimantan, selalu mengajaknya melakukan perjalanan bisnis dari kampung ke kampung. 

Dulu saya sering diajak pergi-pergi ke daerah yang susah dijangkau, harus naik perahu dulu, karena jalan belum bagus. Sepertinya orang tua saya ingin mengajarkan kalau mencari uang itu tidak gampang, paparnya.

Setelah beranjak dewasa, akhirnya prinsip kerja keras itu terus tertanam di dirinya sampai akhirnya membuat Nusantara Group. Pada dasarnya ini adalah perusahaan keluarga yang dikelola bersama-sama oleh dua adiknya. Meskipun bermula dari keluarga, tapi sebagai pemimpin sebisa mungkin Joe selalu profesional. 

Strategi bisnis pria yang pernah mengenyam pendidikan di Amerika Serikat ini pun cukup unik. Kebanyakan brand yang dipegangnya adalah brand yang baru terjun ke pasar Tanah Air seperti Ford, Mini, dan BMW Motorrad. 

Mungkin orang lebih tertarik dengan brand yang sudah lama jadi, atau sudah besar. Padahal justru disitulah letak seninya berbisnis. Di sanalah intuisi bisnis saya diasah. Karena bagi saya ketika kita masuk saat brandnya sudah besar, kita tidak akan mempunyai kesempatan yang baik untuk menjadi yang paling besar. Itu yang kami lakukan selama ini, kami memang harus bersusah-susah di awal, tapi kami memprediksi bahwa brand ini akan menjadi salah satu pemain baik, pungkasnya.

Dengan strategi tersebut, sejumlah prestasi pun diraih oleh Nusantara Group. Untuk Ford dan Mazda, perusahaan pimpinan Joe merupakan pemain terbesar dalam hal penjualan serta jumlah banyaknya jaringan showroom miliknya di Tanah Air. Lalu untuk Mini, Nusantara Group berhasil mengangkat brand ini menjadi salah satu yang memiliki penjualan terbaik di Asia Tenggara. Padahal Mini sendiri baru hadir di Indonesia pada tahun 2012 lalu.