Minggu , 13 Februari 2011

Ford Community Indonesia: Keluarga Baru Pengendara Ford


Awalnya, komunitas ini bernama Ranger Club Jakarta Selatan, karena Ranger merupakan kendaraan awal yang dikeluarkan oleh Ford Motor Indonesia, dan saat itu Ford Jakarta Selatan yang menggagas dan mensupport kegiatan ini. Kemudian tepat di ulang tahun pertama FCI, yang bertepatan dengan munculnya varian baru, Ford Escape, dibentuklah Escape Club Indonesia. 

Seiring berjalannya waktu, varian Ford lainnya pun mulai hadir di Indonesia, maka komunitas Ford yang ada digabung menjadi Ford Community Indonesia. Menurut Ketua Komunitas FCI, I Wayan Siu Kumara, penggabungan ini guna menghilangkan kesan bahwa club yang ada, hanya untuk wilayah Jakarta Selatan, serta agar dapat mencakup seluruh varian Ford yang ada. Akhirnya komunitas ini menjadi suatu organisasi yang independen, kami juga terus bekerjasama dengan Ford Motor Indonesia yg selalu mensupport aktivitas kami, ujar Wayan.

Komunitas ini juga rutin mengadakan gathering minimal dua kali dalam sebulan, biasanya dihabiskan dengan berkumpul bersama di suatu tempat yang telah disepakati. Sedangkan untuk touring yang menempuh jarak lebih dari 7 jam perjalanan, biasanya dilakukan minimal dua kali dalam setahun.

Selain itu, komunitas ini, kerap berpartisipasi dalam kegiatan sosial. Seperti membantu korban bencana alam, dan membantu panti panti asuhan yang tidak dapat dicapai oleh sebagian besar masyarakat atau pemerintah. Kami selalu siap memberikan bantuan atas bencana-bencana yang terjadi di Jakarta maupun di seluruh Indonesia, ujar Wayan.