Selasa , 18 Juli 2017

Fajar Gemilang Motor : Sukses Berkat Strategi Promosi


Meski saat ini menjadi bengkel yang besar, ternyata Fajar Gemilang Motor awalnya menggabungkan usaha bengkel dengan toko material bangunan. Haji Murba Al Jauhari, sang pemilik, mengatakan tempatnya dulu masih sangat sederhana. “Waktu itu masih kurang fasilitasnya, lantainya juga masih tanah,” katanya sambal mengenang.

Berawal dari toko bangunan itu, sosok yang biasa disapa Pak Haji ini mengubah usahanya menjadi bengkel otomotif. Meski demikian, perubahan tersebut terjadi secara berkala. “Baru pada 2003 kami secara full menjadi bengkel,” katanya. Usaha bengkel sendiri ia mulai karena dirasa mampu mencukupi penghidupan sehari-hari. Dunia otomotif pun bukan hal asing baginya karena hobi kendaraan sudah ia tekuni sejak dulu. Hobi itu pun dilanjutkan dengan mengikuti kursus ketika berada di bangku SMA. “Selebihnya sih otodidak,” katanya.

Sebagai bengkel mobil, perawatan yang ditawarkan cukup lengkap. Servis perawatan berkala seperti ganti oli adalah layanan yang paling sering dikerjakan di bengkel ini. Dengan digawangi oleh empat orang montir berpengalaman, Fajar Gemilang Motor mampu melayani berbagai pelayanan yang biasa ditemui di bengkel, seperti spooring, balancing, hingga cuci steam. “Bahkan kondisi turun mesin juga bisa kami layani,” katanya.

Dari segi konsumen, ia sering menemukan pemilik kendaran yang fanatik terhadap oli TOP 1. “Biasanya kalau sudah pakai TOP 1, mereka enggak mau ganti ke yang lain,” katanya. Tak hanya bagi pelanggan lama, Pak Haji sering menawarkan oli TOP 1 bagi pemilik kendaraan yang masih bingung dalam memilih oli. “Mereka sering nanya, oli apa yang bagus. Nah, saya biasanya menawarkan oli TOP 1,” kata Pak Haji.

Agar penjualan meningkat, Pak Haji sering memberikan paket promosi dengan menawarkan oli ekstra, maupun perlengkapan otomotif seperti filter oli. Dengan adanya paket promosi tersebut, ia mengaku oli yang dijual menjadi lekas habis. “Biasanya ada peningkatan 20-30%,” katanya.

 FAJAR GEMILANG MOTOR

Jl. B. Bosih No. 17 Kp. Selang Cau Rt. 002/002, Bekasi