Jumat , 19 Mei 2017

Bolehkah Chevrolet Trax Bermesin Turbo Pakai Bensin Oktan Rendah?


Chevrolet Trax yang dibekali mesin berkapasitas 1.400 cc dan bersenjata turbocharger tentunya membutuhkan bahan bakar yang berkualitas. Bahkan Chevrolet juga merekomendasikan oktan 95 untuk SUV medium pesaing Honda HR-V ini. Minimalnya sendiri ditetapkan oktan 92.

Yang jadi permasalahan adalah ketika Anda sulit menemukan SPBU yang menjual atau kehabisan bahan bakar oktan 92, dan pastinya riskan untuk mengisi bensin oktan rendah pada mesin berturbo ini. Menanggapi kondisi tersebut, pihak Genereal Motors Indonesia buka suara.

"Kalau seperti itu tidak masalah isi bensin pakai Premium. Tapi jangan isi banyak-banyak, secukupnya saja, kira-kira untuk sampai menemukan SPBU yang menjual bensin oktan 92," wanti Putra Samiaji, National Service Manager, PT General Motor Indonesia. "Baru setelah itu isi penuh tangki bahan bakar dengan bensin oktan 92."

Trax yang disarankan menggunakan oli 0W-20 seperti TOP 1 EVOLUTION 0W-20 API SN tentu sangat tidak dianjurkan menenggak bensin dengan oktan di bawah 92. Tapi jika dalam kondisi darurat seperti tadi memang masih ditolerir.

"Yang terjadi saat Trax diisi Premium adalah akan ada penurunan tenaga. Jika terus-terusan pakai Premium bahkan masa pakai mesinnya jadi jauh berkurang," jelas Putra.

Hemh, bagaimana menurut anda? Sebaiknya diisi dengan bahan bakar sesuai anjuran pabrikan, hitung - hitung merawat mesin kendaraan dan tentunya hemat biaya tak terduga...