Senin , 13 Februari 2012

7 Langkah Memikat Hati Konsumen


Hadirnya konsumen untuk mendapatkan pelayanan dari sebuah bengkel, tak akan datang begitu saja. Bengkel wajib mempunyai strategi yang jitu untuk menarik hati pelanggannya.

Bengkel adalah salah satu usaha yang juga memerlukan strategi marketing. Dengan strategi yang jitu, membuat bengkel akan didatangi customernya. Meski demikian strategi marketing yang diterapkan pada sebuah bengkel bukan semata-mata agar customer datang dan minta pelayanan servis pada kendaraannya saat itu saja. Akan tetapi bagaimana sebuah bengkel mengelola customernya menjadi pelanggan tetap yang terus dan rutin datang untuk minta pelayanan bengkel.

Berikut beberapa langkah agar sebuah bengkel dapat menarik pelanggan:

1. Pelayanan memuaskan dan sikap yang ramah 

Usahakan selalu bersifat ramah terhadap semua konsumen yang datang ke bengkel. Berikan pelayanan yang memuaskan kepada semua konsumen. Terlebih kepada konsumen yang baru pertama kali datang ke bengkel. Berikan informasi tentang fasilitas yang ada pada bengkel. 

2. Suasana bengkel yang nyaman 

Suasana dan kondisi bengkel menjadi salah satu betah atau tidaknya seorang konsumen. Untuk itu, buat suasana dan kondisi bengkel yang lebih nyaman. Usahakan untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan bengkel.  

3. Promosi 

Membuat daya tarik melalui promosi yang sifatnya jangka pendek. Misalnya kita tawarkan diskon 20% untuk pembelian spare part selama seminggu, beli sejumah tertentu dapat hadiah, beli 2 gratis 1, atau bagikan sampel. Adanya iming-iming ini akan membuat mereka cepat-cepat membeli.

4. Menjaga hubungan 

Sebagai pemberi layanan, kita mesti tetap menjaga hubungan baik dengan customer. Anda bisa menghubungi pelanggan untuk menanyakan kondisi kendaraannya atau sekedar mengingatkan jadwal servis. Atau, dapat juga Anda telepon atau SMS calon customer yang potensial untuk menjelaskan bahwa ada promo spesial di bengkel Anda.

5. Mendatangi komunitas 

Komunitas adalah ajang kumpul-kumpul orang yang memiliki hobi atau minat sama. Salah satunya komunitas otomotif. Dengan mendatangi komunitas mobil ataupun motor, kita dapat memberikan knowledge maupun tips sekaligus memperkenalkan dan mempromosikan bengkel sendiri.

6. Bekerjasama/networking 

Ini cara yang sangat efektif dan efisien. Artinya, sebuah bengkel  bisa bekerjasama dengan pihak lain seperti instansi pemerintah ataupun perusahaan swasta. Seperti memberikan perawatan berkala untuk kendaraan operasional perusahaan-perusahaan tersebut. 

7. Meminta referensi dari pelanggan lama 

Kalau kita sudah punya pelanggan tetap, jangan lupa meminta mereka untuk mereferensikan kepada yang lain untuk datang ke bengkel. Ini cara yang efektif, sehingga pelanggan lama tersebut akan mengajak saudara, teman atau relasinya untuk servis di bengkel kita.